rss
twitter

Seberapa Bahaya sih Laser Hijau yang Dipakai Supporter Malaysia (+vid)

1

posted by | Posted in , , | Posted on

oleh: Bangkit Agustian*
*Indonesian citizen


Para pengunjung, khususnya orang Indonesia, pertandingan Malaysia vs Indonesia dalam ajang final leg I AFF Suzuki Cup 2010 hari Minggu, 26 Desember 2010 kemarin memang menyesakkan, karena Timnas Inodonesia kalah 3-0 dari tuan rumah Malaysia.

Sudah menjadi perbincangan hangat di jagad maya, salah satu faktor kekalahan Timnas Indonesia diawali atas sorotan laser hijau dari oknum supporter Malaysia kepada para pemain Indonesia, khususnya kiper timnas; Markus Haris Maulana. Beberapa kali markus memprotes karena ulah oknum supporter Malaysia itu, bahkan pertandingan sempat dihentikan sementara di menit ke-56 kalau tidak salah.

Sebagai mantan pemain bola, walaupun tim kampung, saya sedikit banyak tau perasaan pemain bola saat terprovokasi, hilang konsentrasi, koordinasi tim kacau dan akhirnya gampang kebobolan. Maka dari itulah, saya tulis di sini bahwa awal kekalahan Indonesia adalah sorot laser hijau itu (provokasi berbuntut kebobolan).

Senada dengan hal yang saya sampaikan, komentator RCTI; Tommy Welly atau akrab disapa Bung Towel pun berpendapat bahwa dihentikannya sementara pertandingan semalam (26 Des 2010, red) adalah awal dari kebobolannya jaring Inondesia sebanyak 3 kali. Lebih karena disebabkan hilangnya konsentrasi para pemain Indonesia.

Kemudian dari segi kesehatan, terutama efek pada mata, tentu saja dapat merusak retina mata. Seperti yang dikatakan oleh oleh Dr.Dennis Robertson, M.D., Mayo Clinic ophthalmologist dalam situs www.news-medical.net yang membahas bahaya penggunaan laser pointer hijau bahwa dengan penggunaan laser pointer yang lebih kuat dari lima miliwatt, ada kemungkinan akan ada kerusakan pada penglihatan yang sebenarnya, kata beliu lagi, "kerusakan fungsional dapat terjadi dalam beberapa detik."

Dalam video di bawah ini, laser pointer hijau dapat membakar uang kertas dan memotong tape (isolasi, kalau orang Indonesia bilang).






Ratusan bahkan mungkin ribuan kicauan di twitter pun mengalir deras di timeline tweeps tadi malam dengan hashtag #MalaysiaCheatLaser. Bahkan #MalaysiaCheatLaser sempat menjadi trending topic urutan teratas di dunia.

Tapi okelah, Bukankah masih ada 90 menit lagi di Jakarta kawan-kawan.. Tetap Semangat...!!! #Indonesiamasihbisa kata punggawa Indonesia; Bambang Pamungkas dalam twitternya @bepe20

No Laser in Gelora Bung Karno, 29th Dec 2010. Our Game is Fair Play..!!




Comments (1)

  1. 12 Februari 2015 15.09

    artikelnya bagus.
    terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

Post a comment

Suka-tidak suka silahkan komentar..

Pada kolom "Beri komentar sebagai", pilih Name/URL. Isikan kolom "Name" dengan nama sesuka Anda. Untuk Kolom "URL" dikosongkan saja jika memang Anda tidak memiliki web/blog. Namun jika memiliki web/blog lebih baik diisi URL Anda.

Terima kasih atas kunjungan Anda.. :)