rss
twitter

Amerika & Canada Iri Dengan Indonesia

0

posted by | Posted in , , , , | Posted on


Antara News-Dubes Indonesia Djafar Husein menyampaikan pesan diplomatik pada lebih dari 20 dubes negara sahabat, puluhan diplomat dan pejabat pemerintah Srilanka pada resepsi HUT Kemerdekaan RI di Wisma Duta, Colombo

Gara-gara Duta Besar Indonesia Djafar Husein menyampaikan pesan khusus HUT Kemerdekaan RI ke 65 di stasiun televisi Srilanka, Rupavahini, Kedutaan Besar Kanada dan Amerika Serikat mengeluhkan perlakuan serupa tak mereka peroleh dari Rupavahini.

"Mereka bertanya kepada kami, mengapa mereka tak mendapatkan kesempatan sama dengan Indonesia," kata Kepala Sri Lanka Rupavahini Corporation, Sarath Kongahage, pada resepsi HUT Kemerdekaan RI di Wisma Duta, kediaman Dubes Indonesia di Colombo, Selasa malam.

Selain Rupavahini, Djafar Hussein juga mengisi salah satu acara bincang-bincang populer di Srilanka yang diasuh presenter Neidra Williams, "Small World," di stasiun "Prime TV."

Di "Prime TV", Djafar bahkan berbincang sekitar satu jam bersama pmengenai banyak hal, dari soal-soal berat sampai hal-hal ringan, termasuk nasi goreng yang juga populer di Srilanka.

Pada acara resepsi HUT Kemerdekaan RI di Wisma Duta, Djafar mengutarakan latar belakang para pendiri bangsa memilih bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan Indonesia yang efektif mempersatukan berbagai suku bangsa yang berbicara dalam ratusan bahasa berbeda.

Neidra tampak terkejut mendapati informasi ini. Srilanka sendiri, seperti diketahui orang kebanyakan, terjerembab dalam konflik diantaranya karena perbedaan bahasa.

Djafar mengaku pidatonya yang mengupas bahasa sebagai kunci pemersatu bangsa ini dipuji dua duta besar yang menghadiri resepsi HUT Kemerdekaan RI itu.

"Salah satunya Dubes Bangladesh (untuk Srilanka). Dia menyebut pidato saya a good speech (pidato yang bagus)," aku Djafar Husein, merujuk isi pidatonya yang memesankan perlunya memuliakan kaum minoritas.

Resepsi itu sendiri dihadiri oleh lebih dari 20 duta besar penting, diantaranya Dubes Amerika Serikat, Dubes Kanada, dan Dubes Inggris.

Selain itu, pemerintah Srilanka tampak memberi perhatian lebih kepada acara ini dengan mengutus empat menteri termasuk menteri perindustriannya, dua deputi menteri, dan dua kepala staf angkatan bersenjata.

"Tentu saja mereka datang ke resepsi ini karena Indonesia, bukan karena saya," tegas Djafar.

Comments (0)

Post a comment

Suka-tidak suka silahkan komentar..

Pada kolom "Beri komentar sebagai", pilih Name/URL. Isikan kolom "Name" dengan nama sesuka Anda. Untuk Kolom "URL" dikosongkan saja jika memang Anda tidak memiliki web/blog. Namun jika memiliki web/blog lebih baik diisi URL Anda.

Terima kasih atas kunjungan Anda.. :)