rss
twitter

Fenomena Cahaya Hijau Yang Muncul Pada Saat Sunset Beserta Penjelasannya

2

posted by | Posted in , , , , , | Posted on


Cahaya hijau atau istilah asingnya Green Flash adalah fenomena bias di bagian atas matahari yang warnanya berubah menjadi hijau. Fenomena ini jarang sekali dilihat oleh mata telanjang, karena fenomena ini diperlukan syarat dan kondisi tertenju jika kita ingin melihat penampakannya. Fenomena cahaya ini biasanya hanya berlangsung beberapa detik.

Penyebab munculnya cahaya hijau ini dikarenakan adanya pembiasan cahaya matahari. Atmosfer bertindak sebagai prisma yang memisahkan/membagi cahaya menjadi beberapa warna. Cahaya berwarna biru dibelokan lebih kuat dibandingkan cahaya merah. Namun jumlah pembiasan yang terjadi di cakrawala sangatlah sedikit, hanya beberapa busur derajat saja. Efeknya justru diperbesar oleh atmosfer itu sendiri.











Kondisi seperti apa sih yg diperlukan jika kita ingin melihat fenomena cahaya hijau? Cahaya hijau bisa dilihat dalam kondisi terbaik jika cuaca sedang cerah dan bebas dari polusi. Inilah kenapa cahaya hijau sering dilihat di laut. Untuk mengamati cahaya hijau sama halnya jika kita mengamati matahari, diperlukan peralatan yang tepat jika penglihatan anda tidak ingin rusak. Kita bisa melihat melalui kaca filter tebal sama halnya jika kita ingin melihat gerhana matahari. Waktu terbaik untuk mengamati cahaya hijau adalah 10 menit sebelum matahari terbenam.

kalo di luar negeri sana kemunculan fenomena ini dicari oleh para fotografer profesional untuk diabadikan menjadi karya jepret mereka.



Many thank's to ksatriaindo

Comments (2)

  1. 31 Agustus 2016 10.02

    terimakasih info agan sangat menambah wawsan

Post a comment

Suka-tidak suka silahkan komentar..

Pada kolom "Beri komentar sebagai", pilih Name/URL. Isikan kolom "Name" dengan nama sesuka Anda. Untuk Kolom "URL" dikosongkan saja jika memang Anda tidak memiliki web/blog. Namun jika memiliki web/blog lebih baik diisi URL Anda.

Terima kasih atas kunjungan Anda.. :)